Sunday, September 7, 2014

Laba-laba, ada di mana-mana namun sering terlupakan













Laba-laba dari Suku Sparassidae ini mungkin saja bersembunyi di balik bantal Anda.

Judul di atas terkesan provokatif, tetapi memang sepertinya itu adalah kondisi faktual saat ini. Kita bisa menemukan laba-laba, si hewan bertungkai delapan, hampir di setiap tempat di bumi ini. Tentunya selain perairan dan es di kutub. Tengoklah di kolong ranjang, atau meja. Bisa jadi ada laba-laba bertungkai panjang yang bersarang di sana. Di taman, laba-laba peloncat seringkali nampak menggemaskan menunjukkan sikapnya yang curious. Sampai di habitat ekstrim seperti gua, laba-laba masih bisa dijumpai. Seperti laba-laba Amauropelma matakecil yang hidup di gua-gua dengan ekosistem tertutup di kawasan Menoreh.

Selain mudah dijumpai, laba-laba juga mempunyai peranan yang besar dalam ekosistem. Misalnya laba-laba pemburu dari suku Lycosidae yang merupakan sahabat bagi para petani. Laba-laba ini hidup di areal persawahan dan aktif memburu serangga yang berpotensi menjadi hama, seperti wereng. Perilaku hidup sebagai predator menjadikan laba-laba menjadi agen pengontrol populasi. Melalui konsep pengelolaan hama terpadu (PHT), laba-laba sengaja dijaga keberadaannya untuk menjadi agensia pengendali populasi serangga hama.

Laba-laba, sebagai fauna yang sangat dengan kehidupan kita, dan menyumbangkan peranan yang besar dalam ekosistem sudah selayaknya kita perhatikan keberadaannya. Sedikitnya minat untuk mengkaji laba-laba menjadi tantangan untuk dijawab para calon-calon peneliti di masa depan. Negeri kita sangat kaya akan hewan anggota Kelas Arachnida itu, dan sangat besar peluang untuk mengembangkan ilmu perlaba-labaan di Indonesia. Peran para peneliti sangat diharapkan untuk mengungkapnya.

Sebagian orang masih menganggap laba-laba sebagai hewan berbahaya, atau terkesan menakutkan. Pandangan ini yang harus disingkirkan jauh-jauh, karena faktanya sedikit sekali jenis laba-laba yang berbahaya bagi manusia. Yang perlu kita lakukan adalah mengetahui jenis-jenis apa yang berbahaya, dan memahami bagaimana cara memperlakukan mereka dengan baik. Tidak ada alasan untuk menjadi arachnophobia!

No comments:

Post a Comment