Tuesday, August 12, 2014

Nikmatnya membangun sebuah taman

Hobi bertanam, khususnya tanaman hias, bagi saya bukan hal yang baru. Tetapi untuk lebih serius merawat koleksi tanaman, memang baru akhir-akhir ini. Kesadaran untuk menekuni hobi bertanam tersebut bermula dari ketertarikan terhadap khasiat berbagai tanaman tersebut. Beberapa waktu yang lalu saya mendapatkan informasi tentang khasiat berbagai tanaman dari seorang ahli herbal. Jadilah saya tertarik mengembangkan taman di depan rumah sebagai apotik hidup.

Sebenarnya beberapa koleksi tanaman yang saya miliki itu merupakan tanaman berkhasiat obat. Hanya saja saya belum menyadarinya. Saya mulai mengoleksi tanaman kemuning (Murraya paniculata) sejak bertahun-tahun yang lalu. Tetapi baru akhir-akhir ini saya tahu bahwa tanaman itu punya manfaat besar bagi kesehatan. Yang saya garis bawahi adalah khasiatnya dalam menjaga berat badan ideal :D. Kemudian tanaman sirsat, sebagai antikanker, juga baru saya ketahui baru-baru ini. Dengan mengoleksi tanaman-tanaman berkhasiat seperti itu, dan memanfaatkannya, ternyata membuat kita semakin terpacu untuk hidup sehat dengan mengandalkan bahan-bahan alami.

Selain tanaman berkhasiat, bunga-bunga juga perlu ditanam sebagai pelengkap taman. Saya menyukai bunga soka (Ixora spp.), dan memiliki beberapa koleksi. Bunga soka, dan bunga-bunga lainnya, selain indah juga berfungsi sebagai food plant (tanaman sumber pakan) bagi kupu-kupu. Ya, karena kupu-kupu mendatangi bunga kemudian menghisap cairan manis di dalamnya. Menyaksikan taman kecil kita menjadi feeding ground berbagai jenis kupu-kupu adalah kenikmatan tersendiri. Mungkin ini bisa jadi semacam sedekah untuk alam.

No comments:

Post a Comment