Mengoptimalkan peran caver

Di Indonesia ini mungkin ada ribuan caver (penelusur gua), baik profesional maupun amatir. Ini adalah potensi yang sangat besar. Para ca...



Di Indonesia ini mungkin ada ribuan caver (penelusur gua), baik profesional maupun amatir. Ini adalah potensi yang sangat besar. Para caver adalah mereka yang sangat mengenal gua, bahkan kadang melebihi masyarakat yang tinggal di sekitarnya. Di sisi itulah para caver bisa berangkat untuk berkontribusi bagi masyarakat.

Kawasan karst seringkali dihadapkan pada permasalahan ketersediaan air bersih bagi masyarakatnya. Ini adalah sesuatu yang wajar bila menilik karakteristik hidrologi kawasan karst itu sendiri yang  biasanya sedikit memiliki sumber air permukaan. Ada banyak air di karst, tetapi letaknya di bawah tanah, di sistem-sistem sungai yang sulit diakses oleh orang yang tidak memiliki keahlian khusus.

Caver dengan keahliannya dalam mengakses tempat-tempat ekstrim secara strategis bisa berkontribusi dalam memberikan informasi mengenai keberadaan sumber air, bahkan sekaligus membantu dalam proses pengangkatan air hingga menjangkau permukaan. Kontribusi semacam itulah yang sekarang sangat dinantikan masyarakat yang tinggal di tempat-tempat yang sangat dekat dengan aktivitas para caver. Di sini kepekaan sosial kita sebagai caver, diuji.



You Might Also Like

0 comments