Sunday, August 24, 2014

Kabar gembira untuk kita semua!
















Laba-laba yang diduga Amauropelma matakecil yang ditemukan di loccality baru (Foto: Sidiq Harjanto)
 
Kabar menyenangkan sore ini untuk kita semua. Laba-laba buta yang diduga jenis Amauropelma matakecil, ditemukan di satu gua di wilayah Desa Jatimulyo, Kec. Girimulyo, Kab. Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jika jenis laba-laba yang ditemukan ini terkonfirmasi sebagai A. matakecil, maka akan menjadi catatan baru bagi sebaran jenis endemik Menoreh tersebut. Sebelumnya laba-laba matakecil ditemukan di 3 gua di wilayah Kec. Kaligesing, Kab. Purworejo, Jawa Tengah.

Laba-laba buta tersebut ditemukan di sebuah gua dengan sistem yang relatif tertutup, tipikal habitat alaminya. Gua tersebut panjangnya diperkirakan mencapai 1 km, dan merupakan sistem sungai kecil. Dengan temuan baru ini, maka semakin membuktikan kekayaan alam karst di Menoreh terutama yang berada di wilayah Desa Jatimulyo. Di dalam gua tersebut juga dijumpai hewan-hewan khas gua lainnya, seperti isopod dan nocticolid.

Menjadi tantangan bagi kita semua untuk menjaga kelestarian biota khas gua di Menoreh. Hal utama yang perlu menjadi perhatian kita semua adalah dengan memelihara habitat laba-laba tersebut, misalnya dengan tidak membuang sampah ke dalam gua, dan memelihara keaslian vegetasi di atas sistem-sistem gua. Bagaimanapun, biota khas gua adalah 'harta karun' yang sangat berharga.

Terima kasih untuk anggota tim eksplorasi gua: Kang Mur, Andri, Ari.

No comments:

Post a Comment