Saturday, August 23, 2014

Birding Menoreh















Pengamatan burung (birding) semakin populer di kalangan masyarakat. Mengamati burung di alam liar merupakan suatu bentuk apresiasi terhadap kekayaan alam, khususnya avifauna. Dengan membudayakan menikmati keindahan burung di habitat aslinya, kita juga sekaligus meredam eksploitasi berlebihan terhadap sumber daya alam.

Di Pegunungan Menoreh hidup puluhan jenis burung, sehingga menarik para pegiat pengamatan burung datang ke sana. Salah satu lokasi pengamatan burung favorit di Menoreh adalah di Dusun Sokomoyo, Desa Jatimulyo. Uniknya, di dusun yang asri ini, kegiatan mengamati burung dilakukan di sekitar pemukiman warga, sehingga suasana pedesaan terasa sangat kental. Burung-burung di tempat ini seolah telah terbiasa hidup berdampingan dengan peradaban manusia.

Tak kurang 50 jenis burung tercatat di dusun ini, menghuni perkebunan dan ladang-ladang milik warga masyarakat. Beberapa jenis adalah burung migran yang melintas pada bulan-bulan tertentu, sedangkan sebagian besar adalah jenis-jenis penetap. Jenis-jenis burung yang cantik bisa dengan mudah diamati di sekitar jalur-jalur pengamatan yang telah di sediakan oleh pengelola desa wisata. Masyarakat bersama pemerintah desa memang berkomitmen untuk mengembangkan kepariwisataan sebagai salah satu upaya melestarikan kekayaan alam di desa ini.

Waktu terbaik mengamati burung adalah pagi hari dan sore hari, saat burung-burung aktif mencari makan di pepohonan. Wisatawan yang ingin melakukan pengamatan burung di Sokomoyo akan dibantu para pemandu yang sangat paham titik-titik terbaik di mana banyak burung dapat diamati.

Mari mengamati burung! Mari melestarikan alam!

No comments:

Post a Comment