Sunday, September 7, 2014

Jagongan Menoreh













Pegunungan Menoreh merupakan deretan bukit nan hijau yang menjadi batas alami dua wilayah kabupaten, yaitu Kabupaten Kulonprogo di Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Kabupaten Purworejo di Provinsi Jawa Tengah. Kawasan ini menyimpan kekayaan alam yang perlu dilestarikan bersama-sama. Banyak individu maupun kelompok pegiat keanekaragaman hayati yang telah melakukan kajian mengenai kekayaan alam Menoreh, namun belum ada kompilasi data yang mampu memberikan informasi yang lengkap. Adanya informasi yang lengkap dirasa perlu untuk menjadi dasar dalam memberikan masukan kepada para pihak terkait dalam mengelola kawasan ini secara berkelanjutan.

Berangkat dari realita tersebut, tercetuslah ide sederhana untuk mengumpulkan para pegiat keanekaragaman hayati untuk duduk bersama, saling berinteraksi dan berbagi informasi. Dengan ada kegiatan bersama tersebut diharapkan akan menjadi momentum awal bagi para pegiat dan masyarakat lokal untuk bekerja sama, bahu membahu untuk terus menggali kekayaan alam Menoreh, sekaligus memberikan kontribusi nyata bagi konservasi kawasan.

Kekayaan burung (avifauna) menjadi tema utama dalam kegiatan yang bertajuk ‘ngEPISENTRUM, Jagongan Menoreh’ ini. Burung dipilih karena kelompok satwa ini merupakan salah satu yang paling familiar di kalangan masyarakat dan para pegiat keanekaragaman hayati. Banyak pengamat burung yang telah berkontribusi nyata dalam pendataan avifauna kawasan Menoreh. Di dalam kegiatan inilah kami bermaksud mengundang mereka untuk berbagi informasi dan berdiskusi dengan pihak-pihak yang berkepentingan, demi kelestarian avifauna Menoreh.

Kegiatan ini rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 27-28 September 2014 di Dusun Sokomoyo, Desa Jatimulyo, Kec. Girimulyo, Kab. Kulonprogo. Kami mengundang segenap komunitas pegiat keanekaragaman hayati (pengamat burung, mapala, LSM), maupun perorangan, khususnya di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta dan sekitarnya.

Informasi tentang kegiatan ini akan terus diperbaharui.

No comments:

Post a Comment