Laba-laba gua endemik Menoreh

Laba-laba buta Amauropelma matakecil (Dok Sidiq Harjanto) Amauropelma matakecil adalah nama jenis laba-laba buta endemik kawasan Menor...


Laba-laba buta Amauropelma matakecil (Dok Sidiq Harjanto)

Amauropelma matakecil adalah nama jenis laba-laba buta endemik kawasan Menoreh. Laba-laba ini hanya ditemukan di 3 gua di kawasan karst Pegunungan Menoreh, Jawa Tengah, yang dikenal sebagai formasi gamping Jonggrangan. Laba-laba berwarna pucat ini pertama kali dikoleksi oleh Sidiq Harjanto, seorang penelusur gua amatir  pada tahun 2008. Koleksi spesimen dari gua yang diambil dari 3 gua itu kemudian dideskripsi oleh J. Miller  dan Cahyo Rahmadi, ahli Arachnida gua, dan artikelnya terbit pada akhir 2012.

Habitat di mana laba-laba ini hidup cenderung sangat spesifik dan hanya tersebar pada beberapa lorong tertentu. Mereka hidup pada lantai gua yang lembab dan umumnya dekat dengan genangan air atau aliran sungai. Terkadang mereka bersembunyi pada lubang-lubang atau di balik bebatuan gua. Dari hasil observasi lanjutan, untuk sementara disimpulkan bahwa jenis ini berkembangbiak secara parthenogenetic, yang artinya berkembangbiak dari individu betina saja. Hal ini karena sampai saat ini tidak ditemukan individu jantan dari seluruh spesimen yang dikoleksi.

Kita semua tentunya berharap agar spesies unik ini akan tetap lestari dan menjadi icon konservasi gua di Menoreh.


You Might Also Like

0 comments